Wednesday, April 12, 2017

Mudahnya Sablon Kaos Zaman Sekarang

Dua puluh tahun silam, katakanlah demikian, usaha sablon kaos pasti sudah ada di sekitar Anda. Tak heram kaos sablon juga sudah lahir sejak lama. Lamanya kapan? Wallahu A'lam pastinya saya juga kurang tahu hehe. Yang pasti sablon termasuk usaha yang awet karena selalu ada orang yang membutuhkannya. Lantas, bolehkah kalau tukang sticker cutting juga melayani pembuatan kaos? Apa nggak repot yah?

Nah, inilah hebatnya manusia (soal hebat yang paling hebat ya yang buat manusia), dengan akal pikiran, budi dan nalarnya selalu berinovasi. Hingga lahirlah bahan sticker yang bisa digunakan untuk pembuatan sablon kaos secara digital. Pembuatan sablon kaos kini tak lagi ribet, apalagi jika pasar yang ingin dibidik adalah mereka yang membelinya secara eceran. Bisa dua kaos, tiga kaos, bahkan cuma ingin sablon satu kaos. Foto di artikel ini adalah seorang kru Bintan Wrapping tengah mengerjakan order sablon kaos digital dari konsumen.

Yang dibutuhkan cuma manusia yang masih hidup tentu saja, heatpress yaitu mesin pemanas untuk ngepres bahan sablon agar lengket ke kain kaos, mesin cutting sticker, nah kalau yang ini kan memang senjata pelaku usaha cutting sticker, komputer kalau gak ada laptop gapapa (hahaha sama saja), polyflex yaitu bahan sablon yang bentuknya lembaran. Polyflex pun beragam kualitasnya, Tiongkok, Korea, Jepang, Amerika, Perancis mengeluarkan produk dengan harga serta kualitas yang berbeda. Mau beli yang mana, tergantung dompet Anda.


Prosesnya gampang kok, mari kita belajar bersama.
1. Buatlah desain di komputer. Jangan terlalu rumit karena nanti akan berhubungan dengan proses mengopek atau mengelupas. Semakin kecil bentuk dan desainnya, semakin sulit mengopek polyeflxnya.
2. Selanjutnya, ambil polyflex sesuai warna yang dikehendaki. Ingat, yang menghadap jarum mesin cutting adalah lapisan yang tidak berplastik. Dan memotongnya harus terbalik atau mirror. Setelah selesai, seperti biasa adalah mengopeki lapisan stiker yang tak terpakai dikelupas dan dibuang, yang akan ditempelkan di kaos yang ditinggal. Jangan terbalik lho, bukannya rumputnya yang dibersihkan, melainkan padinya yang dibabat bersih hehe.
3. Hidupkan mesin heatpress, atur panasnya sekitar 147 derejat. Soal panas tergantung bahan dan akan terbiasa dengan berjalannya waktu. Setel juga lamanya pengepresan, 5 atau 10 detik atau 15 detik. Asal jangan sampai satu jam hehe, bisa gosong dan berlubang kaos orang dipanasin.
4. Taruh kaos yang akan disablon pada penampang mesin heatpress, lalu letakkan polyflex yang sudah dikopeki tadi. Jika proses cuttingnya mirror, saat memasang di atas kaisn kaos tidak lagi mirror. Plastik di bagian atas, lapisan sticker sablon di bawah. Dari tahapan ini Anda akan paham mengapa saat cutting harus dibalik.
5. Tekan tuas mesin heatpress lalu angkat tuas kembali jika dirasa cukup.
6. Ambil kaos dari penampang heatpress dengan hati hati. Lalu dinginkan, tak perlu dimasukkan kulkas apalagi ditiup tiup pakai mulut. Takutnya ada yang belum gosok gigi, nanti sablonnya bau mulut. Apalagi yang barusan makan pete wadeeew...
7. Setelah dingin plastik masking tape polyflexnya, lepas saja dan trilili tralala sablon kaos digital kita pun selesai.

No comments:

Post a Comment