Sunday, January 22, 2017

Printing Kawin Cutting

Logonya printing, tulisannya cutting.
Istilah kawin bukan hanya untuk manusia. Saat aku kecil sudah sering baca dan dengar berita tanaman dikawinkan, hewan dikawinkan. Biasanya dari hasil perkawinan ini diharapkan lahir varian atau jenis yang baru. Nah, mengawinkan stiker juga sah sah saja kayaknya.

Sebuah pesanan datang, kali ini dari seorang pemilik toko jam terkemuka di kota ini. yang pasti, pesanannya selama ini memang agak agak rumit, njlimet, dan kadang harus sabar mengerjakannya. Bagaimana tidak sabar, 90 persen yang dipesan adalah logo perusahaan dan ukurannya mini banget. Kalau rumah ada aliran atau gaya mini manis, kalau buat stiker cutting kecil bukan mini manis tetapi mini nangis. Ngopekinya itu lho.

Benar juga, yang dipesan logo sebuah akademi plus tulisan di bawahnya. Antara logo dan tulisan dipisah tak apa apa, katanya. Pak Bos yang satu ini langsung saja main tembak, lebar tulisan 11 centimeter dengan tinggi huruf 1,3 centimeter. Masih bisa dan gampang ngopekinya. Giliran menyebut ukuran logonya, wedew... diameter 6 centimeter saja. Mungkin saudara saudara bisa melihat foto di postingan ini, yang membuat pusing itu tulisan melingkar di bagian tengah logo, dengan diameter logo 6 centimeter tinggi huruf huruf yang membentuk kalimat melingkar hanya 3 koma sekian milimeter.


Oke, oke, katakanlah mesin cutting saudara saudara mereknya Eropa, Jepang, Amerika atau gabungan ketiganya. Untuk proses cutting aman. Nah, yang menjadi pertanyaan ialah apakah bisa mata dan jari tangan kita kompak ngopeki tulisan yang kuecil kuecil tadi. Rupanya Pak Bos ini sudah memberikan jaminan kepada konsumennya bahwa stiker logo bisa dibuat cutting. Nah, lho, belum nanya sudah meyakinkan.

Stiker cutting mini ngawinin printing dan cutting, mau?
Karena waktunya mendesak, Pak Bos ini kami kasih tahu bagaimana kalau logonya diprinting, tulisannya dicutting. Bukan tulisan melingkar, tetapi tulisan yang dalam foto tampak terpisah. Setelah mendapatkan jaminan hasil cetak kami bisa diadu di kelasnya, akhirnya ia pasrah. Printing, laminasi, lalu memberitahu jika pesanan sudah siap.

Sebenarnya, teknik stiker dengan mengawinkan printing dan cutting bisa melahirkan kombinasi yang manis. Seperti stiker cutting mini yang kami buat dan sudah banyak dibeli tukang stiker grosiran di berbagai wilayah indonesia ini. Mengingat ukurannya yang unyil banget, maka untuk detil yang sangat kecil digunakan teknik printing. Sementara untuk bagian yang masih memungkinkan untuk dicutting ya dicutting.

Karena yang dicetak adalah bahan reflective yang memiliki sifat menyala kalau terkena sinar dalam gelap, maka ia tetap memiliki sifat bahan menyala meski diprinting. tentu saja tinta yang digunakan juga bukan sembarang tinta.     

No comments:

Post a Comment